Tips Menghadapi Pesaing Baru dalam Bisnis Yang Sama

Menghadapi pesaing bisnis dalam usaha yang sama , apa saja yang dibutuhkan?
Pebisnis adalah salah satu orang yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan kehidupan dalam suatu wilayah. Dengan adanya seorang pebisnis yang membuka usaha baru, pastinya akan menambah lapangan kerja baru di daerah tersebut. Namun perlu diingat bahwa usaha yang dulu ketika awal membuka usaha hingga sekarang sukses. Sangat butuh untuk selalu di pompa , digojlog dan diberi inovasi yang semakin bisa menarik para konsumen. Jika kita hanya mengandalkan apa yang ada tanpa menambah terobosan baru, maka kemungkinan besar bisnis akan mengalami kemunduran.

Inovasi dalam bisnis
Kompetitor dalam bisnis

Tips menghadapi kompetior baru dalam bisnis oleh Tanadi Santoso. Jakarta, 13 Maret 2016.

Sumber : facebook.com/tanadisantoso

Diseberang toko anda tiba2 ada kompetitor baru yang menjual barang yang mirip dengan anda dengan harga lebih murah, barangnya bahkan lebih baik, layanan lebih ramah, dan penjual lebih cantik. Dan pembeli anda mulai berpindah kesana.

Idea cemerlang anda telah ditiru orang lain dan menyebar kemana-mana; Orang2 mulai bosan dengan barang anda yang tidak berubah dalam 2 tahun; Teknologi baru telah membuat ilmu dan pengalaman anda mulai tidak berguna lagi; Orang2 baru tanpa pengalaman, yang jauh lebih muda, mendapat gajih lebih besar dari anda.

Itulah kehidupan dan bisnis. Apa yang membuat kita sukses dahulu tidak lagi membuat kita sukses sekarang. Teknologi berubah, pelanggan berubah, trend berubah, jaman berubah. Buat yang pernah sukses, tertawan oleh kenyamanan dan tidak lagi mempunyai daya juang seperti dulu ketika masih baru memulai bisnis, ber-hati2-lah.

Kemauan untuk berubah dan menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi, adalah kunci sukses jangka panjang. Belajar tanpa henti, menyimak keinginan pelanggan, memperbaiki layanan, mengefisienkan pekerjaan, mencari terobosan baru, selalu dan selalu harus jadi agenda utama kita.
Saat anda lulus wisuda dulu, ada 200 teman yang sama2 lulus, lewat 20 tahun, ada yang sukes ada yang kurang, dan yang sukses bukan yang dulu IP nya 3.9 kan? Lalu kenapa ada yang sukses ada yang gagal? Dan apa saja yang telah terjadi dalam perjalanan mereka?

Amati lagi, yang sekarang sukses, pasti knowledge dan skill nya sudah maju hebat daripada ketika anda kenal dia dikampus dulu, bahkan “specific knowlede” nya, ilmu yang dipakai dalam profesinya, mungkin sudah jauh sekali melampaui anda.

Pembelajaran kehidupan memberikan kemajuan individu yang luar biasa dalam rentan waktu 20 tahun itu. Dan pembelajar sejati adalah mereka yang selalu berubah menjadi lebih baik. Belajar dan mengaplikasikannya secara berkesinambungan.

Minggu adalah waktu yang tenang, bisakah kita berhenti sejenak berbisnis, dan memikirkan: pembelajaran berikut untuk saya apa? Bagaimana saya berubah lagi menjadi lebih baik? Bagaimana saya dapat mencari terobosan baru dalam pekerjaan dan hidup saya? Karena hidup berubah terus, dan kita dituntut untuk selalu menjadi lebih baik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Pesaing Baru dalam Bisnis Yang Sama"

Posting Komentar