8 Ciri Orang Yang Memiliki Kecedasan Emosional Tinggi

Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi merupakan orang yang sangat menyenangkan, selalu berfikir positif, mengetahui kelemahan dan kelebihan, terbuka, perhatian terhadap orang lain, bertanggung jawab dan sifat sifat lainnya yang akan diuraikan pada tulisan kali ini. Semoga kita termasuk orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

1. Selalu Berpikir Positif dan Tidak Berprasangka Buruk

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi mempunyai sifat berfikir yang selalu positif. Setiap ada masalah akan diselesaikan dengan pikiran positif tanpa prasangka buruk terhadap masalah yang terjadi. Selain itu juga memiliki rasa ingin tahu yang besar dan kagum tehadap hal - hal baru (sesuatu yang baru dikenal). Mereka akan mencari informasi sebanyak mungkin untuk mengobati rasa penasaran mereka.  Terus mencari sampai mendapatkan apa yang dicari, bagaikan orang yang menggali sumur hingga mendapatkan mata air.

2. Menyenangkan dan Terbuka

Keterbukaan adalah salah satu ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Terbuka menerima masukan atau kritikan dengan cara yang menyenangkan. Selalu berfikir luas dan tidak pesimis. Mereka merasa hidup mereka baik dan tidak terpengaruh dengan kritik negatif orang lain.

3. Tidak Mengabaikan Perasaan Orang Lain 

Ciri yang harus dimiliki orang dengan kecerdasan emosional adalah mampu mengerti perasaan orang lain. Mengerti masalah yang sedang dihadapi orang lain/ rekan kerja/ klien. Selalu perhatian ketika ada orang yang berbicara dengannya (tidak memalingkan muka, namun memperhatikan dengan seksama). Berusaha mendengarkan terlebih dahulu dan tidak terlalu cepat berkomentar. Setiap masalah yang ada, bisa dilewati tanpa ada konflik. Dan selalu bisa berterimakasih.

 4. Bertanggung Jawab dan Tidak Menyalahkan Orang Lain

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi tidak akan pernah menyalahkan orang lain. Meskipun memang kesalahannya. Selalu bisa bertanggung jawab terhadap suatu masalah yang sedang terjadi di lingkup kewenangannya. Berani tampil di depan , bertanggung jawab sepenuhnya tanpa menyeret orang lain.

kecerdasan emosional seseorang
Kecerdasan emosional

5. Tidak Takut Perubahan 

Pola pikir orang dengan daya kecedasan emosional tinggi memahami bahwa segala perubahan yang terjadi adalah bagian terpenting dalam proses kehidupan. Merupakan hal yang wajar terjadi dan harus terjadi. Selalu cepat beradaptasi dengan kondisi yang berubah - ubah.

6. Tidak Dikalahkan Kelemahan Sendiri

Setiap orang yang cerdas emosional (memiliki kecerdasan emosional yang tinggi) tahu kemampuan mereka dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki. Mereka tahu kelemahan dan kelebihan yang dimiliki. Mereka akan memproses kelemahan mereka hingga tidak menjadi penghalang ambisi mereka. Memanfaatkan kelebihan dengan maksimal. Dan mereka tahu lingkungan seperti apa yang bisa mengoptimalkan gaya kerja mereka.

7. Tidak Perfeksionis 

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi memiliki motivasi yang tinggi dalam pekerjaan. Tetapi mereka sadar bahwa kesempurnaan tidak mungkin dicapai.  Namun mereka selalu berusaha maksimal dan selalu belajar dari kesalahan yang pernah terjadi.

8. Tidak Hanya Terpaku Pada Pekerjaan 

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, mampu menyeimbangkan antara pekerjaan dan kebutuhan pribadi. Mereka sadar batasan kemampuan yang mereka miliki.  Mereka makan dengan pola yang teratur ,tidur cukup dan melakukan aktifitas lainnya sesuai porsi dan kebutuhan.

Itulah beberapa ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Mereka selalu bisa diandalkan dan selalu bisa memberikan teladan bagi sekitar. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Ciri Orang Yang Memiliki Kecedasan Emosional Tinggi "

Posting Komentar