Cara Mengatasi Baut POSH Spion Motor Patah

Kejadian gangang motor yang patah merupakan hal yang kadang terjadi saat kita ingin mengganti spion motor, baut yang sudah sekian lama tepasang melekat terlalu kencang ke dalam lubang spion motor. Atau kadang hal ini terjadi pada baut POSH (Variasi pada motor, seperti baut tutup dop motor, baut baut lain biasanya untuk modifikasi) spion motor. Kasusunya hampir sama , yakni baut POSH yang dipasang di tempat spion motor terlalu melekat dilubang tersebut ( sangat kencang seperti sudah menyatu dan berkarat). Sehingga saat diputar dengan kunci Pas akan sangat sulit.

POSH motor
bukalapak.com

Kejadian ini juga terjadi pada motor Zupiter Z miliki keluarga saya. Awalnya kami ingin mengganti baut POSH di spion motor untuk diganti dengan spion motor yang asli. Namun saat kami mencoba memutar POSH tersebut baut tidak mau lepas, malah semakin keras untuk diputar. Nah tiba tiba saat baut POSH kami putar dengan tenaga lebih. Baut POSH tiba tiba patah. Dan ternyata baut yang patah masih tertinggal dilubang spion tadi.

posh spion motor patah
POSH lubang kaca spion patah

Setelah sempat bingung sebentar. Akhirnya kami menemukan cara agar baut POSH yang patah tadi bisa lepas dari lubang spion. Ada dua cara yang kami coba :

  1. Kami mencoba memecahkan sisa baut POSH yang tertinggal tadi dengan menggunakan obeng dan palu. Jadi intinya menghancurkan baut POSH dengan memahatnya. palu kami gunakan untuk memukul obeng ke sisa baut POSH yang ada pada spion tadi. Setelah mencoba sekitar setengah jam ternyata baut POSH tadti tetap tidak pecah seperti harapan kami.
  2. Melihat usaha kami pada cara tersebut belum berhasil. Akhirnya cara yang kedua adalah dengan membawa motor ke bengkel. Tadinya kami berencana membawanya ke bengkel las. Namun kami mencoba untuk bertanya ke bengkel dekat rumah kami. Nah akhirnya si pemilik bengkel bilang kalau ini masih bisa diperbaiki tanpa harus pake las. Alhamdulillah. Caranay yaitu dengan mengebor pada sisa baut POSH tadi. Setelah menyalakan bor, sekitar 15 menit lubang spion akhirnya bisa digunakan lagi ( lubang spion sudah bisa digunakan seperti semula).

Nah itulah cara mudha untuk mengatasi baut POSH yang patah pada lubang spion. Caranya dengan di  bor. Untuk amannya silahkan bawa saja ke bengkel terdekat.  Sekian , semoga bermanfaat bagi para pengunjung blog ini yang mengalami masalah yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Baut POSH Spion Motor Patah"

Posting Komentar