Cara Membuat Bakso Ayam Ekonomis

Pada postingan kali ini kita akan belajar membuat sebuah makanan yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia yang bernama "BAKSO AYAM". Dalam pembuatan bakso ayam ini cukup mudah, sederhana dan tentunya ekonomis. Tutorial ini cocok buat kamu yang ingin membuat bakso sendiri maupun ingin terjun ke usaha warung bakso agar nantinya bisa membuat bakso yang enak namun tetap ekonomis. Untuk memulai pembuatan bakso ini kita memerlukan beberapa alat dan baham dalam pembuatan Bakso Ayam Ekonomis.

bakso ayam
Membuat bakso ekonomis

Alat dan Bahan :

- 1/2 kg ayam yang telah dipisahkan dari tulangnya (ambil dagingnya saja - bagian dada)
- mangkuk ukuran sedang (untuk meletakkan daging ayam)
- 1 butir telur
- wadah kocok telur + sendok
- tepung sagu (30 gram)
- tepung terigu (30 gram)
- tepung tapiopka (50 gram)
- bumbu halus dengan campuran :  5 siung bawang merah goreng, 3/4 sendok teh garam, 1/4 sendok teh lada bubuk, 1/5 sendok teh kaldu bubuk, 6 siung bawang putih. Haluskan semua bumbu tersebut didalam cobek batu. Nantinya bumbu ini akan dicampurkan ke dalam adonan bakso.
- food prosesor/ blender
- kulkas
- 12 es batu kecil
- solet/ sendok (untuk mengaduk)
- satu sendok makan bahan pengenyal/Stpp ( bisa membeli di toko bahan kue terdekat bukan di toko kimia..ingat ya.. )
- panci


Langkah pembuatan bakso ayam ekonomis :

1. Haluskan daging ayam dengan food prosesor/ blender terlebih dahulu. Tujuannya penggunaan food prosesor/ blender adalah untuk memudahkan saat menghaluskan daging yang telah disiapkan tadi.

membuat bakso
Haluskan daging ayam

2. Setelah daging ayam halus. Selanjutnya campurkan bumbu - bumbu yang sudah dihaluskan dan telur kocoknya. Jangan lupa saat proses pencampuuran/ penghalusan ketiga bahan (ayam halus, bumbu dan telur kocok) dicampurkan dengan beberapa butir es batu (12-13 es batu kecil). Fungsi dari es batu ini adalah agar nantinya daging ayam lebih mengumpal. Lakukan pencampuran hingga semua adonan bercampur.
bumbu membuat bakso ayam
Daging ayam + telur + bumbu


3. Setelah semua bahan tercampur. Pindahkan ke dalam mangkuk ukuran sedang

adonan bakso
Pindahkan adonan ke mangkok sedang

4. Campurkan sedikit demi sedikit ketiga tepung ( tepung tapioka, tepung terigu, tepung sagu) ke dalam adonan. Aduk menggonakan solet/ sendok hingga kira kira bercampur rata (+- 15 menit). Ingat masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil di aduk.

mencampur tepung
Campurkan ke 3 jenis tepung

5.  Terakhir campurkan 1 sendok makan bahan pengenyal/ sttp ke dalam adonan yang sudah tercampur. Aduk dan campur hingga menjadi satu.

pengenyal bakso
Bahan pengenyal bakso dimasukkan satu sendok makan

6. Setelah semua adonan tercampur. Terlebih dahulu masukkan adonan ke dalam lemari es/ kulkas kurang lebih 30 - 40 menit.

adonan bakso ke dalam kulkas
Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 30 - 40 menit

7. Keluarkan adonan yang telah dimasukkan ke dalam kulkas. Selanjutnya rebus ari ke dalam panci hingga mendidih. Setelah mendidih, langsung matikan api dari kompor.

air mendidih
Mendidihkan air untuk adonan bakso

8. Bentuk adonan tadi dengan bentuk bulat - bulat / dicetak bulat bulat. Kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi air panas.

bakso bulat cara membuat
Bakso bulat dimasukkan ke panci

 9. Selanjutnya, rebus kembali panci yang berisi bakso tadi. Tunggu hingga bakso mengapung ke atas. Setelah semua bakso mengapung, langsung matikan apinya.


Dan inilah hasil akhir bakso ekonomis yang kita buat dari step 1 sampai 9.

bakso ayam
Bakso ayam sudah jadi
Jika masih bingung, silahkan saksikan tutorial video dibawah ini:



TIPS :
- Saat menggiling menggunakan blender, usahakan daging untuk dicincang - cincang kecil terlebih dahulu agar meminimalisir kerusakan blender. Tambahkan air saat menggiling mengunakan blender. Dan matikan blender jika dirasa sudah mulai panas.
- Jika adonan masih lembek, silahkan tambahkan tepung kanji atau sttp sesuai kebutuhan

Semoga cara membuat bakso ayam yang mudah dan ekonomis ini bisa bermanfaat untuk semua kalangan. Jangan takut untuk berkreasi sesuai keinginan. Mungkin resep dasar ini bisa menjadi acuan untuk membuat bakso ayam dengan resep yang lebih kompleks lagi. Terus berkarnya dan terus mencoba. Galilah sumur sampai menemukan mata air. Pantang menyerah tanda orang berjiwa sukses.

Sumber:
Terimakasih kepada ramaditia17.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bakso Ayam Ekonomis "

Posting Komentar