Software Pembuka File.CDR dan .AI Selain CorelDraw

Format file.CDR merupakan format default dari software CorelDraw. File CDR sangat familiar bagi para design grafir yang menggunakan software berbayar CorelDraw. Dan software paling banyak digunakan untuk membuka file .CDR adalah CorelDraw. Namun apakah ada software lainnya yang bisa digunakan untuk membuka file tersebut. Berikut ini Kalimart berikan beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk membuka file dengan ekstensi.CDR dan .AI .

Sebenarnya, untuk membuka file ini paling nyaman adalah dengan CorelDraw. Namun dikarenakan CorelDraw harganya lumayan mahal ( 7 juta-an) maka kita akan menggunakan software gratisan (freeware). Nasehat buat para designer, khususnya bagi yang mencari uang lewat design, ada baiknya untuk menggunakan software asli (original). Karena pekerjaan kalian menuntut untuk menggunakan yang asli. Meskipun software bajakan hasil crack pun hampir sama saja. Namun ingatlah, jika ingin rizki yang didapatkan lebih barokah alangkah bijaknya untuk menggunakan software yang asli (original) atau yang gratis tp dengan fitur yang tidak sebagus software berbayar. Awal sesuatu dengan baik maka hasilnya baik.

Berikut ini software rekomendasi yang bisa digunakan untuk membuka file.CDR selain dengan CorelDraw.

INKSCAPE

Software yang satu ini adalah software yang mirip sekali dengan CorelDraw. Bedanya adalah, CorelDraw berbayar sedangkan Inkscape Gratis (Freeware). Walaupun gratis, namun kamu masih bisa menghasilkan design yang tidak kalah jika dibandingkan dengan CorelDraw. Namun perlu diingat, untuk kamu yang sudah biasa menggunakan CorelDraw dan berencana migrasi ke Inkscape harus beradapatasi beberapa waktu. Karena meskipun mirip, namun fitur dan letak toolnya berbeda. Lalu bagaimana cara membuka file .CDR di Inkscape?

- Download dan install Inkscape
- Buka Inkscape
- Selanjutnya drag and drop (tahan dan tarik) file .CDR ke Inscape - tunggu beberapa saat - maka file .CDR berhasil kamu buka.

Inkscape import file CDR
Import file ke Inkscape


Untuk cara lainnya, bisa lewat menu file - import - cari file .CDR - pilih Open. Nah inilah salah satu software rujukan untuk membuka file .CDR sekaligus sebagai software gratis yang bisa kamu pakai untuk design vector.

Selain .CDR, Inkscape juga bisa membuka beberapa ekstensi lain seperti .AI dan .PDF. Jadi tidak perlu bingung ketika download contoh file verctor di internet. Cukup buka inkscape dan drag file tersebut ke Inkscape. Maka inkscape akan membukakan file tersebut untuk kamu.

Antara CorelDraw dan Inkscape pastilah memiliki perbedaan. Namun pada dasarnya hampir sama. Kalau kamu memang memiliki kreatifitas, apapun software yang kamu pakai akan menghasilkan karya yang menakjubkan dan bermanfaat. Jangan hanya terpaku dan bangga dengan software bajakan. Jika belum mampu beli, gunakan software yang gratis. Jika sudah mampu beli, belilah software yang kamu butuhkan. Khusunya untuk kamu yang mencari nafkah lewat software ini. Ingatlah dan carilah rizki yang barokah.

Semoga sedikit sharing ini bermanfaat buat kamu. Semua saran dan pertanyaan silahkan kamu tanyakan pada kolom komentar di bawah ini. Wassalamu'alaikum.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Pembuka File.CDR dan .AI Selain CorelDraw"

Posting Komentar